Ini Pesan Mendagri di Raker Kemendag 2017

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan arahan pada acara Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2017. Mendagri mengingatkan perangkat daerah untuk siap membangun sinergi terkait kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan perdagangan. 

"Dalam tata kelola perdagangan, saya ingatkan kesiapan perangkat daerah bagaimana membangun sinergi baik dengan pemerintah pusat maupun dengan Kementerian Perdagangan," ungkap Tjahjo ketika memberikan arahan pada acara Raker Kemendag Tahun 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/2). 

Mendagri menegaskan kunci utama dalam tata kekola perdagangan di Indonesia yakni adanya konektivitas, sinergi, dan fokus terhadap apa yang menjadi kebijakan. Jika hal ini sudah tertata dengan baik, maka menurut Tjahjo pertumbuhan secara nasional akan lebih baik lagi. 

"Nawacita Pemerintahan Presiden Jokowi-JK yakni bagaimana Kemendagri membangun hubungan tata kelola pemerintahan di semua sektor dengan efektif dan efisien," ujar dia. 

Mendagri berharap dengan adanya raker ini adanya terobosan-terobosan inovasi dan juga pemerintah daerah dapat memahami hal-hal apa saja yang menjadi kebijakan. Dalam hal ini kepala daerah harus mengetahui kondisi geografis dari daerah. 

Suksesnya kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan iklim usaha dan investasi di daerah, Tjahjo mengungkapkan juga bergantung pada ketersediaan bahan pokok,memantau harga, serta hal-hal yang berkaitan dengan bibit, benih, pupuk, dsb. 

Disamping itu pemerintah juga saat ini tengah mempersiapkan Kawasan Ekonomi Terpadu. Kawasan ini tentu nantinya dipersiapkan untuk komoditas unggulan.Serta juga sebagai tempat pengembangan cluster-cluster yang ada.(p/ab)